Sejumlah PPK Kebut Rekapitulasi Penghitungan Suara

278

TANA PASER,pwipaser.com – Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), tampaknya akan selesai lebih dari yang ditargetkan. karena sampai saat ini belum ada PPK yang menyelesaikan rekapitulasi di tingkat PPK se kabupaten Paser.

Berdasarkan Pantauan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanah Grogot, dan Paser Belengkong Kabupaten Paser, mulai menggelar Rekapitulasi Hasil penghitungan perolehan suara. Rekapitulasi Hasil penghitungan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legeslatif (Pileg) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), digelar di gedung Perempuan Berjaya, Tanah Grogot Sabtu dan PPK Paser Belengkong menggelar di Gedung Serba Guna Kantor Camat Paser Belengkong, (20/4/2019) sekira pukul 09.30 wita.

Rekapitulasi hasil penghitungan suara ini dijaga ketat oleh pihak keamanan Polri dan TNI yang tersebar didalam ruangan Gedung Perempuan Berjaya dan luar gedung. Rekapitulasi penghitungan Pilpres, Setelah hasil suara Pilpres, dilanjutkan ke tahap Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan lalu DPRD Kota.

 Untuk diketahui, di Kecamatan Tanah Grogot jumlah Datar Pemilih Tetap (DPT) ada DPT. Terbagi di 15 Desa dan satu Kelurahan dan masuk 203 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dan para calon legeslatif dari partai peserta pemilu bersaing mengisi 8 kursi DPRD Paser yang dialokasikan untuk daerah pemilihan (Dapil) Tanah Grogot.

Dibagian lain Ketua PPK Pasir Belengkong, Moh. Nur Sobari menyampaikan awalnya tahapan rekapitulasi ditargetkan akan selesai dalam 2 hari. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap anggaran konsumsi bagi petugas PPK, Pengamanan, dan bagi Saksi Parpol.

“Rencananya Rekap ini akan kami laksanakan selama 2 hari, tapi melihat kondisi seperti sepertinya akan selesai sampai 6 hari kedepan. Yang kami khawatirkan itu permasalahan konsumsi. Karena sejak awal kami hanya anggarkan konsumsi sampai 2 hari saja, semoga saja pernasalahan ini bisa mendapat solusi dari KPU Paser,” jelasnya.

Berkaitan dengan kendala lainnya ia menyampaikan sejauh ini pelaksanaan rekapitulasi berjalan dengan lancar dan seluruh peserta bertindak dengan baik. Meski diakuinya PPK sudah beberapa kali melakukan penghitungan ulang. Keterlambatan pada pelaksanaan pleno terjadinlantaran banyaknya jenis rekapitulasi yang harus di bacakan. Meski dalam pelaksanaan pleno pihaknya telah melakukan sistem panel untuk mempercepat proses pleno tersebut.

“Alhamdulillah kendala sampai saat ini tidak terjadi, hanya beberapa kali terjadi penghitungan ulang semoga saja tidak ada kendala sampai pelaksanaan rekapitulasi ini selesai, untuk mempercepat proses pleno ini kami lakukan sistem Panel, dengan bantuan relawan pemilu yang sudah di rekrut oleh KPU,” pungkasnya. (PWI 01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.